Default Floating
WhatsApp Icon
Telephone Icon
Email Icon

Pressure Cooking, Apakah Itu?

Memasak bertekanan (pressure cooking) adalah proses memasak nasi atau makanan di dalam uap bertekanan tinggi yang menggunakan medium air dalam wadah tertutup. Tekanan tinggi memungkinkan suhu memasak mencapai di atas 100° Celcius (di atas titik didih), sehingga masakan matang merata lebih cepat.

 

Cara Kerja Memasak Bertekanan

Memasak bertekanan (pressure cooking) adalah salah satu metode memasak makanan yang diketahui paling baik; dalam arti masakan akan matang lebih cepat dan nutrisi makanan yang hilang juga lebih minim. Kenapa bisa begitu? Dalam proses memasak, nasi dan makanan dimasak dalam suhu tinggi. Pemanasan ini selain membuat nasi dan makanan menjadi matang, di sisi lain turut mengorbankan kandungan nutrisinya sehingga ikut terbakar dan hilang.

Memasak bertekanan (pressure cooking) memanfaatkan uap panas terisolasi yang dihasilkan selama proses memasak. Uap panas yang ditahan di dalam wadah tertutup ini akan menyelimuti seluruh area panci bagian dalam dan memanaskan makanan di segala arah. Dalam kondisi ini, suhu air akan bergerak terus melampaui titik didih normal. Partikel-partikel air yang dilepas menjadi uap membuat tekanan air meningkat. Inilah proses memasak bertekanan.

Setelah nasi atau makanan matang, uap panas ini harus dilepaskan karena dua alasan. Pertama agar proses memasak bertekanan ini bisa berakhir. Maksudnya, ketika air yang digunakan sebagai medium pemanasan sudah habis menguap, uap panas yang terisolasi pun menjadi medium pemanasan yang ideal. Namun ketika nasi atau makanan sudah matang, uap panas ini perlu dilepaskan agar nasi atau makanan tidak terlalu matang (overcooked).

Alasan kedua adalah agar ketika wadah masak ini dibuka tidak menyemburkan uap panas yang berbahaya. Jika memasak bertekanan dengan menggunakan alat konvensional, biasanya Anda perlu membuka katup uap ini secara manual. Proses membuka katup uap ini biasanya dilakukan dengan hati-hati, karena tangan kita rawan terkena semburan uap panas.

 

Kelebihan CUCKOO Pressure Rice Cooker

Dalam proses memasak nasi dengan rice cooker biasa, beras direndam dan dimasak sampai matang agar tekstur dan cita rasanya lezat. Jika rice cooker Anda tidak dilengkapi dengan Teknologi Insulasi dan Teknologi Karet Gasket Premium, proses memasak nasi ini akan membakar nutrisi nasi lebih banyak. Artinya, nasi yang dimasak terlalu lama dengan suhu tinggi dalam wadah yang tidak menutup rapat sebenarnya membuat kandungan nutrisinya banyak hilang.

Namun hal ini tidak akan terjadi jika Anda memasak dengan CUCKOO Pressure Rice Cooker. Menggunakan prinsip memasak bertekanan dan dikombinasikan dengan teknologi terdepan dalam wujud Pressure Technology (Teknologi X-Wall Coating, Teknologi Katup Uap Otomatis, Teknologi Tekanan Tinggi), CUCKOO Pressure Rice Cooker mampu memasak lebih efektif dan memberikan banyak keuntungan. Selain nasi dan masakan bisa matang lebih cepat, tekstur dan cita rasanya lebih lezat, kandungan nutrisinya pun masih sangat banyak.

 

Pressure Cooking 1.8 atm

CUCKOO Pressure Rice Cooker dilengkapi dengan mode tekanan setinggi 1.8 atm. Ini adalah ukuran tekanan yang lebih tinggi dari alat memasak bertekanan lain di pasaran yang berkisar 1.2-1.5 atm. Lantas apa yang didapatkan dari mode tekanan yang lebih tinggi ini? Tentu saja hasil nasi dan masakan yang jauh lebih baik; tekstur pulen dan empuk, cita rasa lezat, nutrisi yang terkandung lebih banyak, semuanya hadir di akhir proses memasak.

 

Pressure Cooking 1.9 atm

Induction Heating adalah sebuah metode pemanasan dengan menggunakan gulungan koil tembaga di sekitar panci, kemudian panas dialirkan secara induksi melalui gelombang elektromagnetik. Itu berarti panci yang digunakan haruslah bersifat konduktor agar mudah menghantarkan panas. Pada CUCKOO IH Pressure Rice Cooker CRP-CHSS1009F, inner pot nya menggunakan bahan stainless steel dan bagian dalamnya dilapisi Teknologi Stainless X-Wall Coating.

Metode memasak bertekanan yang diaplikasikan bersama dengan Induction Heating dan Stainless X-Wall Coating menghasilkan kemampuan memasak bertekanan sampai setinggi 1.9 atm. Nasi dan masakan yang dimasak dengan CRP-CHSS1009F akan lebih baik dan konsisten. Tidak ada keraguan sedikitpun pada hasil masakannya. Anda dijamin akan menikmati nasi dan masakan terlezat hanya dalam satu alat pemasak serbaguna ini.

 

Pressure Cooking 2.0 atm

CUCKOO memperkenalkan Teknologi Tekanan Tinggi 2.0 atm yang dapat dijumpai dalam mode memasak Ultra High Pressure. Ini adalah ukuran tekanan yang 22% lebih tinggi dari CUCKOO Pressure Rice Cooker lainnya. Hasilnya? Sudah tentu Anda akan mendapati kualitas nasi terlezat yang pernah ada. Daging yang dimasak dengan mode ini juga akan lebih empuk dan juicy, sehingga mudah dipisahkan dari tulang. Sangat cocok untuk memasak ayam rebus (samgyetang), bandeng presto maupun menu berbahan daging lainnya.

Tidak sampai di sana, CUCKOO juga memasukkan fitur Twin Pressure ke dalam alat ini sehingga menjadi inovasi pertama di pasaran. Dengan fitur Twin Pressure, Anda memiliki opsi lebih untuk memilih mode memasak bertekanan ultra tinggi atau mode memasak tanpa tekanan. Fitur ini sangat membantu Anda berkreasi aneka menu masakan. Karena seperti yang kita ketahui, ada jenis masakan yang cocok dimasak dengan metode memasak bertekanan, namun ada juga jenis masakan yang cocok dimasak dengan metode tanpa tekanan.

CUCKOO IH Twin Pressure Rice Cooker CRP-JHT1012F memungkinkan Anda dan pasangan untuk menikmati dua jenis tekstur nasi yang berbeda. Gunakan mode Ultra High Pressure untuk hasilkan nasi pulen yang lebih lezat, atau gunakan mode No-pressure untuk hasilkan nasi pera yang lebih solid dan cocok untuk digunakan sebagai menu olahan berikutnya, seperti nasi goreng dan nasi sushi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *