Default Floating
WhatsApp Icon
Telephone Icon
Email Icon
perbedaan air purifier humidifer diffuser

5 Perbedaan Air Purifier dan Humidifier serta Diffuser, Apa Saja?

Tahukah kamu perbedaan air purifier dan diffuser ? Kedua elektronik ini memiliki fungsi serupa. Padahal bila ditelaah lebih dalam lag, ternyata ada perbedaannya.

Fungsi dari air purifier dan humidifier yakni membantu membersihkan udara yang ada di dalam ruangan. Namun beda air purifier dan humidifier yang paling jelas terlihat adalah kegunaannya. Air purifier untuk menghilangkan bakteri dan virus sedangkan humidifier untuk melembabkan udara.

Daripada salah beli nantinya, lebih baik ketahui dulu fungsi dan perbedaan humidifier purifier dan diffuser berikut ini.

Apa Itu Air Purifier ?

Alat penjernih udara atau yang biasa dikenal dengan istilah air purifier, merupakan alat elektronik yang membantu membersihkan udara di dalam ruangan lebih bersih dan sehat.

Cara kerjanya yakni dengan menghisap udara di dalam ruangan. Kemudian memurnikan udara tersebut melalui tahapan dan sistem penyaringan. Tujuan proses pemurnian udara ini untuk menghilangkan bakteri, viru, partikel asap, debu hingga bulu hewan peliharaan dan senyawa organik lainnya.

Lalu udara yang telah dimurnikan tersebut akan dikeluarkan dari perangkat air purifier tersebut keluar. Udara yang telah murni dan sehat tersebut akan memenuhi udara di dalam ruangan dan terhirup oleh Sahabat CUCKOO.

Air purifier cukup penting untuk menjaga kesehatan. Mulai dari memperbaiki kualitas tidur, mengurangi alergi kambuh, mengurangi gejala asma hingga menjaga kesehatang jantung, paru-paru dan tekanan darah.

Apa Itu Humidifier?

Adapun humidifier menghasilkan udara bersih untuk mengganti udara kering yang ada di dalam ruangan. Untuk diketahui bahwa udara kering di dalam ruangan dapat meningkatkan debu, virus dan bakteri yang menempel pada furniture atau lantai.

Debu atau bakteri yang menempel tersebut bisa merusak kesehatan seperti kulit jadi kering, iritasi mata hingga menyebabkan sakit tenggorokan kering dan sakit kepala.

Dengan adanya humidifier ini maka kamu bisa menambah kelembaban udara di dalam ruangan. Air di dalam perangkat humidifier tersebut akan diubah menjadi uap air. Kemudian disemprotkan ke seluruh ruangan.

Namun meski fungsinya untuk melembabkan udara. Akan tetapi bila udara terlalu lembab juga bisa membahayakan tubuh. Udara yang terlalu lembab itu juga akan disedot humidifier.

Apa Itu Diffuser?

Sementara itu, ada lagi perabotan rumah tangga yang cukup populer saat ini selain air purifier dan humidifier. Alat perabotan yang  dimaksud yakni diffuser. Diffuser aromaterapi digunakan untuk membantu merelaksasikan diri sehingga bisa mudah tertidur dan menjaga kualitas tidur.

Cara kerja diffuser yaitu mengubah minyak esensial khusus jadi uap yang beraroma wangi yang terhirup oleh kamu. Sahabat CUCKOO yang menghirup udara wangi tersebut dapat membantu meningkatkan suasana di dalam ruangan jadi lebih rileks.

Bahkan solusi untuk mengurangi tekanan dan stres yang cukup ampuh saat ini adalah masuk ke dalam ruangan lalu menyalakan diffuser.

Perbedaan Air Purifier, Humidifier, dan Diffuser

Mengutip dari website Halodoc, berikut ini perbedaan humidifier vs diffuser vs purifier sebagai berikut.

1. Pemanfaatan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa meskipun ketiga alat ini memiliki kegunaan utama yang sama yaitu membersihkan kualitas udara.

Namun, secara spesifik kegunaannya berbeda untuk menjaga kualitas udara. Pada air purifier berfungsi untuk membersihkan kualitas udara dari zat polutan, virus, bakteri, debu dan partikel jahat lainnya.

Sedangkan humidifier sendiri pemanfaatannya untuk menjaga kelembaban udara. Lalu pemanfaatan diffuser untuk membersihkan udara dengan menambah aroma wewangian yang bikin tubuh rileks.

2. Cara Kerja

Cara kerja air purifier yakni dengan menyedot udara di dalam ruangan. Lalu dimurnikan di dalam perangkat tersebut untuk kemudian disemprotkan lagi keluar dalam bentuk udara bersih.

Selanjutnya cara kerja humidifier dan diffuser. Kedua alat ini memiliki cara kerja yang serupa yakni mengubah air menjadi uap untuk kemudian disemprotkan ke luar ruangan. Bedanya yakni pada diffuser ditambahkan minyak esensial untuk menambahkan aroma wewangian.

3. Kebutuhan Air

Air purifier tidak membutuhkan air karena yang difilter adalah udara kotor yang tersedot. Namun humidifier dan diffuser membutuhkan air dengan volume yang berbeda.

Humidifier membutuhkan air dalam jumlah yang banyak hingga 3 liter. Kebutuhan diffuser lebih sedikit lagi yakni  cukup 300 sampai 500 mililiter air. Hal tersebut lantaran humidifier memiliki tugas cukup besar untuk melembabkan udara sedangkan diffuser membersihkan udara di dalam ruangan dengan menambah sedikit aroma wewangian.

4. Durasi

Perbedaan selanjutnya yaitu durasi penggunaan alat pembersih udara ini. Durasi yang dibutuhkan untuk mengoperasikan air purifier sekitar 30 hingga 120 menit. Sedangkan durasi humidifier dan diffuser tergantung dari ketersediaan cairan dan temperatur ruangan.

5. Tempat Menyimpan

Beda humidifier dan air purifier serta diffuser yang terakhir yaitu tempat menyimpan atau meletakkan alat ini.

Humidifier cocok disimpan di dalam ruangan yang kering dan kurang lembab agar dapat menghambat pertumbuhan jamu.

Sedangkan air purifier bisa disimpan di ruangan mana saja. Namun agar kerjanya lebih optimal lagi sebaiknya simpan air purifier di ruangan yang  sering digunakan untuk merokok agar bisa menyedot asap rokok dan mengubahnya jadi udara bersih.

Diffuser bisa kamu simpan di ruangan berukuran kecil misalnya di kamar tidur dekat kasur atau di ruang kerja.

Kapan Harus Menggunakan Air Purifier, Humidifier, dan Diffuser?

Setelah mengetahui perbedaan humidifier dan air purifier serta diffuser. Maka pertanyaan selanjutnya yakni kapan waktu yang tepat menggunakan ketiga alat elektronik ini.

Air purifier cukup ampuh untuk menekan gejala asma, mengurangi alergi hingga menjaga kesehatan tubuh fundamental lainnya seperti jantung dan paru–paru. Saat kamu mengetahui udara di dalam ruangan sudah mulai berbau, berdebu atau kotor. Karenanya cari tahu terlebih dulu seperti apa kualitas udara di dalam ruangan.

Selanjutnya penggunaan humidifier digunakan saat kualitas udara di dalam ruangan kering. Berdasarkan data dari Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat. Standar kelembaban udara di dalam ruangan sekitar 30 sampai 50 persen. Saat kamu memeriksa bahwa kelembaban udara di dalam ruangan di bawah angka 30 persen maka kamu bisa mengatasinya dengan menyalakan humidifier.

Pemakaian diffuser bisa digunakan kapan saja dan di mana saja. Diffuser memiliki ukuran kecil sehingga bisa kamu letakkan di meja kecil di pinggir kasur atau di meja kerja. Jadi, saat kamu ingin tidur atau sedang memiliki beban pikiran banyak. Sahabat CUCKOO bisa  menyalakan diffuser.

Baca Juga: Peran Penting dan Fungsi Air Purifier Bagi Kesehatan

Tips Membeli Air Purifier

Ada banyak produk air purifier dengan fitur dan harga yang bervariasi, mulai dari yang termurah hingga termahal. Namun bukan dari harga yang jadi pertimbangan Sahabat CUCKOO.

Disarankan memilih produk air purifier yang memiliki filter khusus yang dapat menyaring partikel terkecil. Sebab akan jadi percuma bila air purifier kamu tidak bisa menyaring virus, bakteri atau partikel jahat berukuran kecil. Partikel tersebut tetap akan mengudara di dalam ruangan.

Salah satu produk air purifier terbaik asal Korea yakni CUCKOO memiliki produk air purifier terbaik yang mampu menyaring virus, bakteri dan partikel lainnya hingga ukuran terkecil.

Keunggulan produk air purifier dari CUCKOO yaitu adanya filter HEPA H14 Filter atau Ultra PM 2.5. Filter ini mampu menyaring partikel berukuran kecil hingga 0.3 mikron hingga 99.99 persen. Droplet virus Corona pun bisa tersaring menggunakan air purifier dari CUCKOO. Berikut ini rekomendasi selengkapnya.

Nama Produk Harga Daya Listrik Daya Jangkau Keterangan
CUCKOO Car Air Purifier AIR Q Rp 1,2 jutaan 1.6 watt 3 – 4 m persegi Fungsi plasma ionizer untuk pancarkan ion negatif guna menyegarkan udara pagi hari
CUCKOO Air Purifier Air G-Eco Plus Full White (Pemurni Udara) Rp 1,8 jutaan 50 watt 30 m persegi Mekanisme pemurnian udara bebas emisi ozon
CUCKOO Air Purifier C-Eco Plus (Pemurni Udara) Rp 3,7 jutaan 33 watt 37,4 m persegi Fungsi Bakteriostatik untuk menekan pertumbuhan bakteri agar udara bebas dari mikroba dan jamur
CUCKOO Air Purifier H Plus Full White (Pemurni Udara) Rp 4,2 jutaan 58 watt 96,5 m persegi Mekanisme pemurnian udara bebas emisi ozon
CUCKOO Air Purifier B Plus (Pemurni Udara) Rp 7,9 jutaan 33 watt untuk turbo mode dan 16.8 watt untuk fan mode 41,3 m persegi Fungsi Bakteriostatik dan Plasma Ionizer agar udara bebas dari mikroba dan segar seperti di pagi hari

Untuk mengetahui produk air purifier atau produk elektronik rumah tangga lainnya dari CUCKOO. Kamu bisa akses akun official CUCKOO yakni CUCKOO Indonesia di marketplace dan .

Rahasia besar lainnya yaitu kamu bisa menghadirkan pengalaman memasak dan mengonsumsi nasi dengan cita rasa khas Korea hanya dengan menggunakan beras lokal yang dimasak di rice cooker CUCKOO, lho! Yuk, kepoin!

Close
Sign in
Close
Cart (0)

No products in the cart. No products in the cart.