Default Floating
WhatsApp Icon
Telephone Icon
Email Icon
fungsi air purifier

Peran Penting dan Fungsi Air Purifier Bagi Kesehatan

Fungsi air purifier paling utama adalah membantu membersihkan kualitas udara. Sehingga udara yang masuk ke dalam tubuh manusia lebih sehat lagi.

Beberapa tahun belakangan ini isu yang cukup populer dan penting di ibu kota khusus di Jakarta sendiri bahwa polusi udara sudah sangat mengkhawatirkan. Ada banyak orang dewasa, anak-anak hingga balita terkena penyakit atau gangguan pernapasan.

Salah satu langkah untuk mengantisipasinya adalah dengan menggunakan air purifier di dalam rumah agar udara kamu dan keluarga sehari-hari di rumah terjamin kualitasnya. Mari mengenal lebih lanjut lagi tentang fungsi air purifier bagi kesehatan dan cara memaksimalkan penggunaan air purifier.

Pentingnya Kualitas Udara Dalam Ruangan

Berdasarkan asal katanya, air purifier terdiri dari kata air yang berarti udara dan purifier yang berarti pembersih. Secara harfiah air purifier adalah alat untuk membersihkan udara yang telah terkontaminasi dari partikel-partikel jahat.

Apakah di dalam ruangan masih perlu menggunakan alat pembersih udara? Tentu saja masih perlu.

Pasalnya di dalam rumah sekalipun masih terdapat partikel-partikel jahat seperti penggunaan bahan kimia yang berasal dari produk pembersih rumah tangga, asap rokok hingga jamur yang menempel pada barang-barang yang membuat udara jadi semakin lembab.

Dengan adanya air purifier ini maka partikel kotoran tersebut akan tersaring dan di dalamnya. Kemudian udara yang keluar dalam bentuk udara yang jauh lebih segar dan sehat.

Namun, AC dan air purifier merupakan dua elektronik rumah tangga yang berbeda, lho. Meski ada beberapa AC yang dilengkapi juga dengan sistem air purifier di dalamnya. Akan tetapi, udara yang dihasilkan air purifier jauh lebih segar dan sehat. Sedangkan udara yang dihasilkan AC lebih dingin.

Fungsi dan Manfaat Air Purifier

Mengutip dari berbagai sumber website kesehatan, berikut ini fungsi dan manfaat air purifier untuk kesehatan manusia, di antaranya sebagai berikut.

1. Menurunkan Kadar Virus, Bakteri dan Zat Kimia di Udara

Walaupun di dalam rumah, namun virus dan bakteri tetap saja ada dan bertebaran di udara bebas. Namun ternyata bukan itu saja. Ada juga zat kimia berbahaya yang terkandung pada udara bebas di dalam rumah.

Berdasarkan website lembaga konservatif lingkungan Environmental Protection Agency (EPA). Dalam website tersebut menjelaskan bahwa polusi yang ada di ruangan dalam bentuk gas atau partikel tercipta dari material pembuat furniture rumah.

Misalnya saja karpet, asbes, furniture bermaterial kayu hingga lantai berpotensi menyimpan gas dan partikel zat kimia.

Dengan adanya purifier di dalam ruangan, maka seluruh virus, bakteri dan zat kimia yang mengendap terus dapat tersedot dan dibersihkan oleh air purifier.

2. Menyingkirkan Aroma Kurang Sedap

Air purifier fungsi lainnya untuk menyingkirkan aroma kurang sedap. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa seluruh virus, bakteri, dan partikel jahat yang menempel di perabotan rumah tangga, lantai dan tembok ini bisa menimbulkan aroma kurang sedap.

Dengan adanya air purifier ini maka udara kotor tersebut bisa terfilter dan menghasilkan udara baru yang lebih segar.

3. Mengurangi Jamur

Jamur yang menempel dan mengendap di dalam ruangan bisa dikurangi dan dihilangkan dengan menggunakan air purifier.

Jamur menjadi salah satu penyebab berbagai jenis penyakit termasuk menciptakan alergen pada manusia. Oleh karena itu, untuk mengurangi alergi yang kambuh atau menciptakan penyakit baru sebagikan hilangkan spora jamur yang tersebar di udara tersebut.

4. Mencegah Alergi

Sahabat CUCKOO yang memiliki alergi tertentu, seperti alergi terhadap debu atau bulu hewan peliharaan. Maka bisa mengantisipasinya dengan menggunakan air purifier supaya tidak kambuh alerginya.

5. Mencegah Penyebaran atau Penularan Penyakit Menular

Air purifier berfungsi untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit menular. Hal ini terbukti cukup efektif saat terjadi pandemi COVID-19 kemarin.

Mulai dari bakteri dari penyakit flu, batuk hingga virus yang berbahaya bisa dihentikan penularannya.

Oleh karena itu, kamu bisa sedikit bernapas lega bila di dalam satu rumah yang sama terdapat anggota keluarga yang sedang batuk. Virus yang keluar dari batuk tersebut akan tersedot oleh air purifier dan disaring hingga menghasilkan udara yang segar dan sehat.

6. Mengurangi Penyakit Asma Kambuh

Bagi Sahabat CUCKOO yang memiliki penyakit asma, kamu membutuhkan air purifier untuk membantu membersihkan udara di dalam rumah. Pasalnya bila hidup di tengah udara yang kotor maka penyakit asma kamu bisa kambuh terus-menerus.

7. Menjaga Kesehatan, Jantung, Paru-Paru dan Tekanan Darah

Apa fungsi air purifier bagi kesehatan? Selain membantu mencegah penularan penyakit dan mengurangi penyakit asma kambuh. Penggunaan air purifier sendiri membantu kamu menjaga kesehatan jantung, paru-paru dan tekanan darah.

Sebab kebiasaan merokok di dalam ruangan bisa menimbulkan penyakit paru-paru obstruktif kronis hingga kanker paru. Kemudian menurut studi dari JAMA Internal Medicine menyebutkan bahwa air purifier cukup efektif untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung atau menurunkan tekanan darah untuk orang lanjut usia.

Cara Memaksimalkan Fungsi Air Purifier

Untuk merasakan seluruh manfaat dan fungsi air purifier tersebut, Sahabat CUCKOO perlu mengoptimalkan pemakaian air purifier. Cara untuk mengoptimalkan penggunaannya antara lain sebagai berikut:

  • Memastikan produk air purifier memiliki filter HEPA atau High Efficiency Particulate Air. Filter ini yang bisa menyaring partikel berukuran kecil hingga 0,3 mikron
  • Menyimpan air purifier di ruangan di mana kamu sering menghabiskan waktu di sana
  • Membersihkan filter pada air purifier rutin secara berkala. Idealnya waktu membersihkan filternya setiap 6 sampai 12 bulan sekali

Baca Juga: Rekomendasi Air Purifier Korea Terbaik Nomor 1, Cek Harga dan Spesifikasinya

Rekomendasi 5 Produk Air Purifier Terbaik

Berikut ini rekomendasi produk air purifier dari CUCKOO. Untuk diketahui bahwa CUCKOO merupakan brand elektronik rumah tangga populer dan nomor 1 asal Korea yang telah mendunia.

Keunggulan produk air purifier dari CUCKOO yakni adanya filter HEPA H14 Filter atau Ultra PM 2.5. Filter ini mampu menyaring partikel berukuran kecil hingga 0.3 mikron hingga 99.99 persen. Droplet virus Corona pun bisa tersaring menggunakan air purifier dari CUCKOO. Berikut ini rekomendasi selengkapnya.

Nama Produk Harga Daya Listrik Daya Jangkau Keterangan
CUCKOO Car Air Purifier AIR Q Rp 1,2 jutaan 1.6 watt 3 – 4 m persegi Fungsi plasma ionizer untuk pancarkan ion negatif guna menyegarkan udara pagi hari
CUCKOO Air Purifier Air G-Eco Plus Full White (Pemurni Udara) Rp 1,8 jutaan 50 watt 30 m persegi Mekanisme pemurnian udara bebas emisi ozon
CUCKOO Air Purifier C-Eco Plus (Pemurni Udara) Rp 3,7 jutaan 33 watt 37,4 m persegi Fungsi Bakteriostatik untuk menekan pertumbuhan bakteri agar udara bebas dari mikroba dan jamur
CUCKOO Air Purifier H Plus Full White (Pemurni Udara) Rp 4,2 jutaan 58 watt 96,5 m persegi Mekanisme pemurnian udara bebas emisi ozon
CUCKOO Air Purifier B Plus (Pemurni Udara) Rp 7,9 jutaan 33 watt untuk turbo mode dan 16.8 watt untuk fan mode 41,3 m persegi Fungsi Bakteriostatik dan Plasma Ionizer agar udara bebas dari mikroba dan segar seperti di pagi hari

Untuk mengetahui produk air purifier atau produk elektronik rumah tangga lainnya dari CUCKOO. Kamu bisa akses akun official CUCKOO yakni CUCKOO Indonesia di marketplace dan .

Rahasia besar lainnya yaitu kamu bisa menghadirkan pengalaman memasak dan mengonsumsi nasi dengan cita rasa khas Korea hanya dengan menggunakan beras lokal yang dimasak di rice cooker CUCKOO, lho! Yuk, kepoin!

Close
Sign in
Close
Cart (0)

No products in the cart. No products in the cart.