Default Floating
WhatsApp Icon
Telephone Icon
Email Icon

Air Mandi Kita Setiap Hari, Apakah Sudah Aman?

Sahabat CUCKOO, yakin setiap hari sudah mandi dengan air yang sehat bagi kulit dan rambut?

 

Darimana Air yang Kita Gunakan Berasal?

Di kota-kota besar, keluarga masa kini biasanya mendapatkan akses air untuk kebutuhan rumah tangga yang berasal dari PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum). Air baku dari PDAM berasal dari sumber air di alam, biasanya dari sungai, danau ataupun mata air gunung. Air baku ini tidak bisa langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih dalam kehidupan sehari-hari. Namun air baku ini harus diproses terlebih dahulu untuk menjaga kualitas dari air tersebut.

Untuk menyediakan air bersih, PDAM menggunakan metode pengolahan air secara fisikawi dan kimiawi. Metode ini disebut juga sebagai IPA (Instalasi Pengolahan Air). PDAM membangun intake building, sebuah bangunan yang berfungsi sebagai tempat pertama kalinya air baku dimasukkan. Bangunan ini dilengkapi dengan screen bar untuk menyaring partikel padat dalam air. Air yang ditampung di sini selanjutnya akan dialirkan ke dalam bak besar lalu dipompa ke bangunan selanjutnya bernama WTP (Water Treatment Plant).

Ada 5 bagian yang terdapat di dalam WTP sehingga bisa mengolah air menjadi layak untuk digunakan. Pada proses koagulasi, air baku ditambahkan zat tawas (aluminium sulfat) dengan melakukan rapid mixing (pengadukan cepat) maupun hidrolis (terjunan). Selanjutnya air diaduk perlahan (slow mixing) agar partikel kotoran dan membantuk flok yang lebih besar dan lebih mudah mengendap. Flok yang telah terbentuk kemudian terpisah dengan air secara otomatis. Air yang telah terpisah dari lumpur dan flok lalu disaring kembali agar benar-benar bersih. Dan untuk menghindari potensi kuman dan bakteri yang tekandung, maka dilakukan proses tambahan berupa chlor, ozonisasi, UV, pemanasan, dll.

Air yang telah selesai diolah kemudian dimasukkan ke reservoir. Tempat penampungan ini biasanya terletak di tempat dengan elevasi lebih tinggi daripada tempat-tempat yang menjadi sasaran distribusi. Selanjutnya air bersih didistribusi dengan pipa-pipa ke rumah maupun bangunan di sekitar kita. Namun dari sekian panjang proses ini, dapat kita pahami bahwa pada dasarnya sebagian besar sumber air baku di Indonesia sudah tercemar berat.

Dan proses pengolahan air mungkin tidak 100% mengeliminasi partikel polutan super kecil, makanya praktik meminum langsung dari air keran bukan hal lazim di Indonesia. Selain itu, air yang dialirkan lewat pipa-pipa ini masih beresiko membawa polutan berupa logam berat. Karena pipa-pipa yang digunakan pasti memiliki umur pakai yang terbatas, dan sangat mungkin terjadi korosi yang mengakibatkan air tercemar sedimentasi dari pipa berbahan logam. Air dengan logam berat bisa mengakibatkan mutagen, teratogen, keracunan, iritasi, kebutaan, tumor, kanker bahkan kematian.

 

CUCKOO Memberikan Solusi

Jangan sepelekan air mandi yang Anda gunakan setiap hari. Terpapar air yang mengandung polutan secara akumulatif bisa menyebabkan banyak gangguan kesehatan dan mengancam nyawa. Jadi pastikan Anda melengkapi isi kamar mandi dengan produk yang mampu menyaring air mandi agar lebih sehat. CUCKOO Shower Head Filter CWC-BB001C dilengkapi dengan filter sedimen yang mampu menghilangkan kotoran, karat dan logam berat di dalam air. Air mandi pun jadi bebas zat berbahaya, secara efektif mengeliminasi 99% bakteri, mengurangi klorin, kotoran dan bau tidak sedap.

 

Rasakan Manfaatnya Langsung!

Anda akan merasakan manfaat CUCKOO Shower Head CWC-BB001C langsung sejak pertama kali memakainya. Dalam jangka panjang, produk ini akan memberikan keuntungan lebih lanjut, seperti kulit dan rambut Anda yang lebih sehat. Produk ini didesain dengan lubang pori yang bisa memaksimalkan tekanan air lebih baik sehingga menghasilkan semburan yang lebih kencang. Itu artinya air yang digunakan akan jauh lebih hemat dan efisien.

CWC-BB001C juga memiliki body transparan yang membantu kita untuk melihat kondisi filter sedimen di dalamnya. Satu filter sedimen biasanya memiliki usia pakai sampai 2-3 bulan (tergantung pemakaian dan kondisi air yang digunakan). Ketika usia pakai filter sedimen ini segera habis, Anda dengan mudah bisa melihatnya dari luar berkat produk ber-body transparan ini. Filter sedimen yang berwarna kecoklatan adalah tanda dari keberhasilan menyaring polutan air. Anda pun bisa dengan mudah mengganti isi filter sedimen yang baru untuk terus menikmati kualitas air mandi yang lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *