Default Floating
WhatsApp Icon
Telephone Icon
Email Icon
minum air putih saat puasa

Begini Pola Minum Air Putih saat Puasa, Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Walaupun sedang berpuasa, Sahabat CUCKOO tetap wajib memenuhi kebutuhan minum air putih saat puasa. Kebutuhan cairan tubuh dapat terpenuhi bila kamu mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter per hari.

Mengutip dari Kompas, Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSUP H. Adam Malik, Restuti Hidayani Saragih. Dia mengatakan kebutuhan cairan untuk manusia yang memiliki berat badan 50-60 kilogram sekitar 1700-1900 mililiter per hari.

Namun angka tersebut sering dibulatkan menjadi 2000 mililiter atau 2 liter dalam satu hari. Bagaimana kebutuhan cairan tubuh saat bulan Ramadan? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Akibat Tubuh Kekurangan Air Saat Puasa

Dampak bila kamu kurang memperhatikan kebutuhan cairan tubuh, maka tubuh akan kekurangan air atau cairan sebanyak 2% dari total kebutuhan cairan tubuh. Melihat dari angkanya, memang terlihat begitu kecil dibandingkan kebutuhan cairan secara menyeluruh. Akan tetapi dampaknya cukup signifikan.

Dampak yang paling umum ialah kamu akan mengalami gangguan konsentrasi saat melakukan aktivitas sehari-hari. Selain gangguan konsentrasi, apa saja dampaknya?

1. Gangguan Metabolisme

Kurangnya cairan di dalam tubuh dapat mengganggu metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh jadi lambat bekerja sehingga menjadi penyebab meningkatnya berat badan.

2. Gangguan Pencernaan

Kemudian saat kamu kekurangan cairan pada tubuh, kamu jadi gampang sembelit. Hal ini lantaran feses jadi lebih kering. Saat feses tersebut kering maka sulit untuk keluar. Dampak terbesarnya dari gangguan pencernaan ini adalah wasir.

3. Gangguan Tekanan Darah

Sahabat CUCKOO juga akan mengalami penurunan tekanan darah. Volume darah yang tersimpan di dalam arteri dan vena yang menurun menjadi penyebab tekanan darah rendah. Bila hal ini terjadi kepada kamu, maka kamu bisa jadi lemas dan pusing.

4. Risiko Infeksi Kemih dan Batu Ginjal

Sedikit cairan yang masuk ke dalam tubuh, maka volume cairan yang keluar dari dalam tubuh pun jadi berkurang.

Salah satu contohnya saat seseorang kurang mengonsumsi air putih, bakteri akan menumpuk di bagian kantung kemih.

Sayangnya bakteri ini sulit untuk keluar dalam bentuk urine karena kurangnya cairan di dalam tubuh. Karenanya, Sahabat CUCKOO jadi berpotensi terkena infeksi saluran kemih.

Sejalan dengan itu, cairan yang masuk ke dalam tubuh juga berguna untuk meluruhkan mineral yang membentuk batu pada ginjal. Jika volume cairannya berkurang, maka potensi terkena batu ginjal jadi lebih besar.

5. Gangguan Mood

Dampak terakhir yang akan kamu rasakan saat tidak mencapai kadar minimal minum air putih saat puasa yaitu mengalami gangguan mood. Kurangnya takaran minum air putih saat puasa ini bikin kamu jadi dehidrasi dan gampang tersinggung.

Baca juga: Rekomendasi Air Purifier Korea Terbaik Nomor 1, Cek Harga dan Spesifikasinya

Aturan Minum Air Putih Saat Puasa

Dokter Restuti Hidayani Saragih menjelaskan secara terperinci bahwa kebutuhan cairan pada tubuh sama dengan jumlah urine yang keluar dari tubuh selama 24 jam.

Volume urine harian yang keluar dari tubuh sekitar 0,5 sampai 1 cc/kgBB. Kemudian ditambah volume feses dan keringat atau napas yang menguap yakni sekitar 500 sampai 700 cc tergantung aktivitas setiap manusia dan luas permukaan tubuhnya.

Bila mengasumsikan berat tubuh sekitar 50-60 kg, maka kebutuhan cairannya mencapai 2 liter per hari. Lantas bagaimana cara mengatur waktu minum air putih saat puasa?

1. Metode 2-4-2

Berdasarkan informasi dari Halodoc, untuk meminimalisir kurangnya cairan di dalam tubuh. Kamu bisa mengikuti cara minum air putih saat puasa dengan metode 2-4-2 berikut ini.

  • 2 Gelas Air Putih saat Berbuka Puasa

Sebelum mengonsumsi makanan atau minuman berasa. Sebaiknya kamu mengonsumsi air putih sebanyak 2 gelas.

Bila kamu bisa minum air putih lebih dari 2 gelas tentu hal ini bagus untuk tubuh. Tapi pastikan minimal 2 gelas sudah kamu konsumsi saat berbuka puasa.

Mengonsumsi air putih sebanyak 2 gelas saat berbuka membantu mengganti cairan yang hilang di dalam tubuh selama berpuasa seharian.

  • 4 Gelas Air Putih saat Makan di Malam Hari

Kemudian mengonsumsi air putih di malam hari. Mulai dari sebelum makan berat di malam hari sampai waktu tidur.

Adapun rinciannya yaitu mengonsumsi satu gelas air putih sebelum makan, mengonsumsi satu gelas sesudah makan, mengonsumsi satu gelas sesudah tarawih dan satu gelas lagi sebelum tidur.

  • 2 Gelas Air Putih saat Bersantap Sahur

Dua gelas terakhir dikonsumsi saat kamu bersantap sahur. Kamu bisa membaginya dengan satu gelas saat bangun tidur kemudian satu gelas lagi saat kamu makan. Atau satu gelas sebelum bersantap sahur dan satu gelas lagi setelah bersantap sahur.

Sebenarnya di waktu bersantap sahur kamu bisa mengonsumsi air putih lebih dari dua gelas untuk membantu mempertahankan konsentrasi saat melaksanakan aktivitas di siang harinya.

2. Metode dari Kementerian Kesehatan

Sementara itu, anjuran minum air putih saat puasa menurut Kementerian Kesehatan yang ditulis melalui websitenya menyebutkan metode minum 8 gelas setiap harinya.

Mengutip dari website tersebut, menjelaskan bahwa kebutuhan air mineral di dalam tubuh manusia sekitar 1 hingga 2,5 liter. Bila dikonversi ke dalam gelas maka sekitar 6 sampai 8 gelas per hari.

Supaya kamu dapat memenuhi kebutuhan mengonsumsi air sebanyak 8 gelas, maka jadwal minum air putih saat puasa di antaranya sebagai berikut:

  • Satu gelas air putih saat bangun sahur
  • Satu gelas air putih setelah bersantap sahur
  • Satu gelas air putih saat berbuka puasa
  • Satu gelas air putih setelah menyelesaikan shalat Magrib
  • Satu gelas air putih setelah menyelesaikan shalat Isya
  • Satu gelas air putih setelah menyelesaikan shalat tarawih
  • Satu gelas air putih sebelum tidur

Sebelum Dikonsumsi, Pastikan Kadar Air Putih Bersih dan Sehat 

Namun terkadang ada beberapa produk air mineral yang memiliki kadar air sehat rendah bahkan mengandung beberapa bakteri jahat yang dapat membahayakan tubuh.

Sekalipun kamu membeli merek produk air mineral terkenal, akan tetapi sebaiknya filtrasi kembali air supaya terjamin kadar nutrisi baiknya masih terjaga. Berikut ini rekomendasi alat elektronik yang membantu filtrasi air supaya jernih dan sehat.

1. CUCKOO Water Purifier Icon Plus

CUCKOO Water Purifier Icon Plus merupakan alat pemurni air yang memiliki sistem sterilisasi elektrolisis yang mampu membersihkan sistem secara mandiri, khususnya di bagian mulut, pipa dalam dan tangki penyimpanan airnya.

Adapun fitur yang dimilikinya antara lain sistem penyaringan yang terdiri dari 6 tahapan dan 4 saringan. Kemudian ada Child Lock Button untuk mengunci air panas, navigasi touchscreen berdesain LED, suara pemandu 3 bahasa hingga indikator air dan sensor sensitivitas cahaya.

Adapun spesifikasi Water Purifier Icon Plus, di antaranya:

  • Kapasitas Tangki : 1.8 L untuk air suhu ruang, 2.0 L untuk air dingin dan 1.4 L

untuk air panas

  • Daya listrik : 350 watt
  • Dimensi : 49.0 cm x 26.0 cm x 50.8 cm
  • Sertifikat : NSF
  • Harga : Rp 9.990.000

2. CUCKOO Water Purifier Fusion Plus

CUCKOO Water Purifier Fusion Plus merupakan alat pemurni air berdesain minimalis dari CUCKOO. Terdapat sistem penyaringan 6 tahapan dan 4 saringan, berikut ini rinciannya:

  • Sediment Filter : Diganti setiap 4 bulan sekali
  • Pre-carbon Block 2.0 Filter : Diganti setiap 8 bulan sekali
  • Natural 2.0 Filter & Nano Positive Filter : Diganti setiap 12 bulan sekali

Adapun spesifikasi Water Purifier Fusion Plus, di antaranya:

  • Kapasitas Tangki : 2.0 L untuk air dingin dan 1.4 L untuk air panas
  • Daya listrik : 350 watt
  • Dimensi : 48.2 cm x 26.0 cm x 50.5 cm
  • Sertifikat : NSF
  • Harga : Rp 6.490.000

3. CUCKOO Water Purifier King Plus

CUCKOO Water Purifier King Plus adalah alat pemurni air yang memudahkan kamu mengatur suhu air minum sesuai kebutuhan dan selera. Water Purifier King Plus memiliki 8 tingkatan suhu di antaranya suhu ruang, suhu air panas 90 derajat celcius sampai suhu air dingin sedingin es.

Adapun spesifikasi Water Purifier King Plus, di antaranya:

  • Kapasitas Tangki : 0.3 L untuk air suhu ruang, 1.0 L untuk air dingin dan 1.0 L

untuk air panas

  • Daya listrik : 300 watt
  • Dimensi : 49.2 cm x 22.0 cm x 49.0 cm
  • Sertifikat : NSF
  • Harga : Rp 5.990.000

4. CUCKOO Water Purifier Marvel Plus

CUCKOO Water Purifier Marvel Plus merupakan alat pemurni air berdesain minimalis cocok untuk gaya hidup urban yang membutuhkan alat elektronik rumah tangga berteknologi tinggi.

Terdapat fitur yang dimiliki CUCKOO Water Purifier Marvel Plus, antara lain sistem penyaringan terdiri dari 5 tahap dan 3 saringan. Kemudian ada Lock Button, Touchscreen Button untuk mengatur suhu air, navigasi touchscreen berdesain lampu LED hingga indikator air dan tombol hemat energi.

Adapun spesifikasi Water Purifier Marvel Plus, di antaranya:

  • Kapasitas Tangki : –
  • Daya listrik : 14.5 watt
  • Dimensi : 37.9 cm x 13.5 cm x 36.7 cm
  • Sertifikat : NSF
  • Harga : Rp 2.490.000

Nah, itulah aturan dan anjuran minum air putih saat puasa yang bisa kamu ikuti untuk memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh.

Selain ada produk water purifier, CUCKOO juga memiliki peralatan elektronik lain seperti rice cooker digital dan air purifier.

Untuk mengetahui produk CUCKOO lainnya, Sahabat CUCKOO bisa melihatnya langsung di akun CUCKOO Official marketplace dan .

Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Close
Sign in
Close
Cart (0)

No products in the cart. No products in the cart.