Default Floating
WhatsApp Icon
Telephone Icon
Email Icon

Kenali Kualitas Inner Pot pada Rice Cooker Anda

Inner pot pada rice cooker adalah salah satu bagian yang paling penting untuk menghasilkan nasi dan masakan yang lezat dan sehat. Inilah bagian rice cooker yang berkenaan langsung dengan makanan yang dimasak. Jadi pastikan Anda kenal betul tentang kelebihan dan manfaat lapisan pelindung pada inner pot; dan tentunya wajib bebas PFOA.

Stainless X-Wall Coating

Lapisan ini digunakan pada inner pot berbahan 304 stainless steel untuk IH Twin Pressure Rice Cooker CRP-JHT1012F dan IH Pressure Rice Cooker CRP-CHSS1009F. Inner pot ini dibangun dengan ketebalan 3.5T dan terdiri dari berbagai lapisan, antara lain: Airbubble Coating, Airbubble Layer, Stainless Steel, Alumunium, Stainless Steel, dan terakhir di bagian dalamnya dilapisi Stainless X-Wall Coating.

Lapisan Stainless X-Wall Coating adalah lapisan yang sudah dipatenkan oleh CUCKOO. Lapisan ini menjaga inner pot rice cooker berbahan stainless steel agar tetap tahan terhadap suhu dan tekanan ultra tinggi (Ultra High Pressure 2.0 atm). Tanpa lapisan ini, nasi dan makanan yang dimasak bisa menempel pada permukaan stainless steel. Hal ini bisa dimaklumi karena baja anti karat bukanlah logam yang anti lengket sepenuhnya.

Diamond X-Wall Coating

Teknologi X-Wall Coating sangat bisa diandalkan untuk memasak nasi dan aneka masakan dalam suhu dan tekanan tinggi. Diamond X-Wall Coating memberikan Anda ketenangan karena lapisan ini akan menjaga masakan di dalamnya dengan aman. Lapisan ini tahan terhadap zat-zat abrasif seperti garam, saos, asam cuka, dsb. Jadi Anda tidak perlu risau saat berkreasi aneka jenis resep masakan.

 Sebagai lapisan pelindung inner pot yang anti gores dan anti lengket, Diamond X-Wall Coating juga mampu digunakan untuk aktivitas menggoreng dengan sedikit minyak (pan-frying). Itu berarti Anda bisa memasak finger potato atau omelet / telur dadar dengan lebih sehat. Meskipun daya tahannya kuat dan tidak mudah terkelupas, namun disarankan agar menggunakan spatula berbahan silikon atau berbahan kayu agar lapisan Diamond X-Wall Coating tidak lecet.

Black X-Wall Coating

Berkat penelitian selama puluhan tahun, CUCKOO berhasil mengembangkan teknologi Black X-Wall Coating yang dibuat dari material berupa batu maifan. Batu maifan adalah jenis batuan mineral khusus yang sejak ratusan tahun lalu digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit. Batu maifan memiliki kemampuan menyerap logam berat dan racun di dalam air, serta menghambat reproduksi bakteri. Sifat batu maifan yang tahan panas, tahan gores dan awet juga membuatnya sering digunakan menjadi material dasar aneka alat memasak.

Teknologi Black X-Wall Coating dirancang khusus agar bisa menahan suhu tinggi dan tekanan 1.8 atm. Inilah yang membuat Anda bisa mendapatkan nasi pulen jika memasak dengan CUCKOO Pressure Rice Cooker. Tanpa didukung oleh teknologi lapisan inner pot yang tepat, suhu dan tekanan tinggi yang dijalankan pun tidak berguna. Tidak salah jika tim riset dan pengembangan CUCKOO di Korea memilih material ini untuk menjadi bahan pembentuk lapisan Black X-Wall Coating.

Fluoro Carbon Non-sticky Coating

Untuk memasak nasi dan masakan dengan mode tanpa tekanan, CUCKOO Digital Rice Cooker dilengkapi dengan inner pot berlapiskan Fluoro Carbon Non-sticky Coating. Fluoro Carbon atau PFC, adalah senyawa yang hanya terbuat dari atom karbon (C) dan fluor (F). Kelarutan Fluoro Carbon dalam air kurang atau tidak sama sekali. Artinya bahan ini kedap air sehingga menjadi pilihan yang lebih baik untuk melindungi nasi dan masakan lain di dalam inner pot.

Karena kepadatannya lebih tinggi dari air dan tahan panas, Fluoro Carbon sangat cocok untuk menjadi lapisan anti lengket, sehingga masakan yang panas tidak bisa menempel pada inner pot. Namun sayangnya elastisitas Fluoro Carbon tergolong cukup rendah, sehingga rentan terhadap kerusakan. Disarankan agar tidak menggunakan barang-barang berbahan logam atau tajam saat mengambil nasi dan masakan di dalam inner pot. Pun jangan mencuci inner pot dengan sabut kawat atau alat berpermukaan kasar lainnya. Sifat Fluoro Carbon kedap air, tahan abrasi dan bebas PFOA membuatnya menjadi material yang bisa dipercaya.

PTFE Non-sticky Coating

Poly Tetra Fluoro Ethylene (PTFE) adalah senyawa polimer yang tersusun atas monomer tetrafluoro etena. Senyawa ini memiliki sifat tahan panas, sangat stabil, gesekan kecil dan lentur, serta sangat keras. Karenanya PTFE umum digunakan untuk melapisi alat-alat yang tahan terhadap bahan kimia, misalnya lapisan anti lengket pada panci. Senyawa PTFE berpermukaan licin seperti berminyak, tahan terhadap kimia dan tidak mudah terbakar; bahkan titik lelehnya mencapai 327° Celcius. Sehingga sangat aman digunakan untuk lapisan pada inner pot.

Dalam proses pembuatan PTFE, bahan-bahan penyusun digabungkan dalam sebuah ruang reaksi kimia, dipanaskan sampai 900° Celcius hingga membentuk polimer. Selanjutnya PTFE dikeringkan dan dicetak sesuai kebutuhan. Dalam proses produksi PTFE ini, beberapa produsen menggunakan bahan kimia bernama PFOA untuk mencegah adanya penggumpalan. PTFE yang dibuat dengan PFOA ini berbahaya bagi kesehatan. Jika PTFE ini digunakan sebagai lapisan pelindung di inner pot dan terkelupas, maka lapisan PTFE yang mengandung PFOA ini akan tercampur dengan nasi yang kita makan. PFOA diketahui membawa permasalahan kesehatan serius seperti kanker.

Saat ini sudah banyak produsen yang membuat PTFE dengan tidak melibatkan PFOA di dalam prosesnya. Paparan PFOA sudah tidak jadi isu yang mengancam. Namun perlu diketahui, PFOA masih digunakan dalam produksi banyak PTFE hingga tahun 2013. Di sisi lain, inner pot pada CUCKOO Mechanical Rice Cooker dan CUCKOO Commercial Rice Cooker sudah dibuat dengan lapisan PTFE yang bebas PFOA sedari dulu. Jadi Anda tidak perlu risau dengan kesehatan Anda dan keluarga selagi menikmati nasi pulen yang dihidangkan setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *