Default Floating
WhatsApp Icon
Telephone Icon
Email Icon
cara menggunakan rice cooker

Ini Kebiasaan Buruk Cara Menggunakan Rice Cooker, Cepat Ubah!

Hampir seluruh lapisan masyarakat di dunia mengetahui cara menggunakan rice cooker. Namun, ada beberapa hal yang menjadi kebiasaan buruk dalam menggunakan rice cooker. Sebelum beralih menggunakan digital rice cooker, ketahui dulu hal-hal yang dilarang untuk dilakukan selama menggunakan rice cooker.

Para produsen rice cooker mulai menawarkan berbagai jenis rice cooker, mulai dari rice cooker mini hingga rice cooker digital yang bisa memasak jenis masakan lain di dalam rice cooker. Walaupun beragam teknologi dan fitur telah melengkapi rice cooker. Namun, ada beberapa kebiasaan yang perlu Sahabat CUCKOO ubah saat menggunakan rice cooker untuk memperpanjang usia pakainya.

Cara Menggunakan Rice Cooker yang Benar

Cara mengukus nasi menggunakan rice cooker merupakan pengetahuan dasar yang perlu diketahui semua orang mengingat nasi termasuk kebutuhan pokok setiap manusia. Karenanya bila bertanya mengenai bagaimana cara kerja rice cooker, kebanyakan orang dapat menjawab dengan lancar.

Namun tanpa disadari ada beberapa kebiasaan buruk yang belum diketahui dan masih dipertahankan oleh beberapa orang dalam menggunakan rice cooker. Apa saja itu?

1. Mencuci Beras Langsung di Panci Rice Cooker

Kebiasaan umum yang sering terjadi adalah mencuci beras langsung di panci rice cooker atau biasa disebut inner pot. Dibandingkan harus menggunakan wadah lain untuk mencuci beras, hal ini dinilai bisa menambahkan deretan piring kotor sehingga lebih praktis mencuci beras langsung di inner pot.

Sahabat CUCKOO, kebiasaan buruk tersebut harus segera dihilangkan untuk memperpanjang usia pakai rice cooker. Pasalnya sekalipun bahan inner pot terlihat tebal dan kokoh, akan tetapi bila terus-menerus digunakan untuk mencuci beras maka lapisan pelindung di dalamnya bisa terkikis dan rusak. Dengan begitu, lapisan anti lengketnya pun ikut tergores.

2. Memasak Nasi dalam Takaran dan Kapasitas yang Keliru

Umumnya kamu akan memasak nasi dengan takaran sesuai hati tergantung kebutuhan memasak nasi saat itu. Bisa jadi kamu memasak nasi dengan ukuran yang berlebih sehingga nasi sulit matang merata dan luber hingga ke luar rice cooker, ataupun memasak nasi dalam jumlah sedikit tidak sesuai dengan ukuran rice cooker.

Informasi takaran dan kapasitas memasak nasi pada rice cooker bisa kamu temukan di buku panduan atau manual book. Terdapat 3 jenis rice cooker yaitu rice cooker mini yang memasak nasi minimal 1 cup beras, rice cooker sedang minimal 3 cup dan rice cooker besar minimal 5-6 cup.

Oleh karena itu, saat akan membeli rice cooker kamu perlu mempertimbangkan kebutuhan konsumsi nasi sehari-hari untuk menentukan ukuran rice cooker.

3. Mengambil Nasi dengan Sendok Nasi Berbahan Metal

Kebiasaan keliru lainnya adalah mengambil nasi menggunakan sendok nasi atau centong berbahan metal. Jenis bahan ini berisiko menciptakan goresan pada dinding inner pot dan merusak lapisan pelindungnya.

Setelah mengetahui bahayanya, sekarang ubah kebiasaan mengambil nasi menggunakan sendok kayu atau sendok nasi khusus berbahan plastik, ya.

4. Mencongkel Sisa Nasi atau Kerak Nasi pada Panci Rice Cooker

Hindari mencongkel sisa nasi yang sudah berkerak di panci rice cooker. Apabila terdapat kerak nasi saat kamu akan mencuci panci rice cooker, maka rendam dulu menggunakan air hangat dan campuran sabun selama kurang lebih 5 – 10 menit. Secara otomatis, kerak nasi tersebut akan mengelupas dengan sendirinya.

Namun, daripada harus menciptakan kerak nasi terus-menerus lebih baik Sahabat CUCKOO mengantisipasinya dengan memasak nasi dengan takaran beras dan air yang tepat dengan kapasitas rice cooker dan tidak boleh memanaskan kembali nasi yang sudah matang terlalu lama.

5. Mencuci Rice Cooker Menggunakan Serabut Logam dan Dibiarkan Basah

Setelah merendam inner pot dan memastikan kerak nasi telah terkikis secara otomatis, kamu baru bisa mencuci rice cooker menggunakan air dingin dan sabun. Namun, jangan pernah menggunakan serabut atau sabut logan untuk mencuci inner pot, ya. Hal tersebut dapat merusak lapisan pelindung inner pot.

Kemudian sebelum digunakan untuk memasak nasi lagi, usap atau lap terlebih dulu bagian dalam inner pot sampai benar-benar kering. Sedangkan bagian luar inner pot tak perlu kamu cuci, cukup di lap menggunakan kain basah yang bersih.

6. Jarang Membersihkan Penampungan Uap Air

Pernahkah Sahabat CUCKOO memeriksa bagian wadah atau tabung penampung uap air pada rice cooker? Bila jarang bahkan tidak pernah, maka mulai saat ini lakukan kebiasaan tersebut untuk merawat rice cooker kamu, ya.

Sebab saat memasak nasi, biasanya uap air tersebut akan membawa kotoran halus hingga ke bagian wadah atau tabung penampung air sehingga timbulnya bakteri dan aroma kurang sedap dari wadah penampung uap air tersebut.

Bukan hanya menimbulkan bakteri dan aroma kurang sedap saja, melainkan dapat mempengaruhi kualitas dan hasil nasi yang dimasak menggunakan rice cooker. Cara membersihkan penampung uap air cukup mudah yaitu dengan menyikatnya di bawah air mengalir menggunakan sikat kecil.

7. Membiarkan Panci Rice Cooker Bagian Bawah dalam Keadaan Basah

Cara menggunakan rice cooker yang kurang tepat terakhir adalah memasak nasi dalam kondisi panci rice cooker bagian bawah masih basah.

Saat panci yang dibiarkan basah tersebut dipaksa masuk ke dalam rice cooker dan memasak nasi maka dapat mengganggu kinerja pemanas pada rice cooker sehingga suhu pemanas jadi tidak stabil dan proses memasak pun kurang optimal.

Oleh karena itu, lebih baik mengusap atau lap bagian luar panci rice cooker menggunakan kain basah kemudian usap kembali dengan kain kering untuk memastikan kondisinya dalam keadaan kering sebelum dimasukkan ke dalam rice cooker.

Keuntungan Memasak Nasi Menggunakan Digital Rice Cooker

Tak dipungkiri dengan kehadiran teknologi pada produk rice cooker sehingga menghasilkan produk penanak nasi cerdas atau rice cooker digital turut membantu memudahkan cara menggunakan rice cooker untuk memasak beras ataupun jenis makanan lainnya.

Bahkan beberapa produk rice cooker memberikan fitur khusus sehingga kamu dapat memasak bubur, sayur-mayur, memasak daging, makanan bayi hingga membuat kue bolu menggunakan rice cooker.

Cara menggunakan rice cooker digital pun cukup mudah dipahami dan praktis. Walaupun terdapat fitur tambahan untuk memasak jenis makanan lain, kualitas memasak nasinya tetap terjamin dan dapat mempertahankan kehangatan nasi lebih lama.

Salah satu produk terbaik yaitu CUCKOO. CUCKOO merupakan merek rice cooker terbaik nomor 1 di Korea yang menghadirkan pengalaman membuat nasi dan jenis makanan lainnya dalam 1 alat saja.

Kualitas nasi yang dihasilkan pun terjamin enak. Siapa yang tidak penasaran dengan nasi buatan di Korea. Saat ini, dengan menggunakan CUCKOO kamu bisa menikmati sensai memakan nasi ala Korea tapi di Indonesia dan di rumah saja, lho! Berikut ini beberapa produk rice cooker dari CUCKOO

Produk Rice Cooker Kapasitas Dimensi Lapisan Inner Pot Fitur Keunggulan
CUCKOO Digital Rice Cooker 1.8 L CR-1020F/WH 1.8 L 28.8 cm x 37.8 cm x 25.9 cm Fluoro Carbon Non-Sticky Coating bebas PFOA Smart algorithm, 14 pilihan menu memasak, navigasi panel berdesain touchscreen LED
CUCKOO Digital Rice Cooker 1 L CR-0675F 1 L 23.8 cm x 32.3 cm x 21.5 cm Fluoro Carbon Non-Sticky Coating bebas PFOA Smart algorithm, 8 pilihan menu memasak, navigasi panel touchscreen LED
CUCKOO IH Pressure Rice Cooker 1.8 L CRP-CHSS1009F 1.8 L 30.5 cm x 42.3 cm x 30 cm Stainless X-Wall Coating bebas PFOA Smart algorithm, 16 pilihan menu memasak, voice guide, high pressure, navigasi direct touch LED
CUCKOO Pressure Rice Cooker 1.8 L CRP-G1015M 1.8 L 28.9 cm x 38.2 cm x 29.3 cm Black X-Wall Coating bebas PFOA Smart algorithm, 5 pilihan menu memasak, high pressure, heating plate, navigasi tombol bantalan LED
CUCKOO Commercial Rice Cooker 5,4 L CR-3021 5.4 L 37.3 cm x 37.3 cm x 37.7 cm PTFE Non-Sticky Coating bebas PFOA Smart algorithm, anti blocking exhaust valve, heating plate
CUCKOO Mechanical Rice Cooker 1.8 L CR-1055/RD 1.8 L 36.5 cm x 33.5 cm x 29.5 cm PTFE Non-Sticky Coating bebas PFOA Smart algorithm, rotatable exhaust valve, fugnsi sekali klik LED

 

Nah, itulah cara menggunakan rice cooker yang benar dengan menghindari dan meninggalkan kebiasaan buruk menggunakan rice cooker. Sahabat CUCKOO perlu memperhatikan kebiasaan buruk tersebut untuk memperpanjang usia pakai rice cooker dan pancinya.

Kemudian manfaatkan produk rice cooker digital CUCKOO untuk menghadirkan pengalaman memasak nasi ala Korea sekaligus memasak jenis masakan lainnya dalam satu alat.

Ingin tahu produk rice cooker digital CUCKOO lainnya? Sahabat CUCKOO bisa memeriksanya melalui akun CUCKOO Official di akun Shopee dan Tokopedia. Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Close
Sign in
Close
Cart (0)

No products in the cart. No products in the cart.