Default Floating
WhatsApp Icon
Telephone Icon
Email Icon
cara memasak nasi

Cara Memasak Nasi yang Benar Supaya Pulen, Ini Tipsnya!

Umumnya hampir seluruh orang dewasa mengetahui bagaimana cara memasak nasi di rice cooker. Hal tersebut merupakan pengetahuan umum untuk kehidupan. Bahkan beberapa keluarga masih mempertahankan cara memasak nasi putih secara tradisional di kompor.

Nasi menjadi salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Rasanya belum afdol makan bila tidak menyantap nasi putih. Jenis nasi yang paling digemari adalah nasi pulen. Pasalnya nasi pulen berasal dari beras yang mahal. Padahal Sahabat CUCKOO bisa bikin nasi pulen hanya dengan menggunakan beras biasa, lho.

Mari simak cara memasak nasi dengan rice cooker dengan benar dan tips-tips supaya nasi tidak lengket, kelembekan ataupun kering.

Butuh Waktu Berapa Lama Masak Nasi di Rice Cooker?

Idealnya lama memasak nasi di rice cooker membutuhkan waktu kurang lebih 30 sampai 45 menit. Durasi memasak ini bersifat tentatif tergantung 2 faktor yaitu jenis beras yang kamu gunakan dan rice cookernya.

Mengapa penting untuk tahu berapa lama masak nasi di rice cooker dengan tepat? Sebab saat waktunya terlalu cepat ataupun terlalu lambat maka bisa membuat nasi rusak seperti kurang matang, tekstur dan rasanya kurang pulen, tekstur nasi terlalu lembek ataupun keras hingga nasi lebih cepat basi.

1. Jenis Beras

Terdapat 2 jenis beras yang sering digunakan di Indonesia yaitu beras pera dan beras pulen. Kedua beras ini memiliki aturan campuran air yang berbeda.

Beras pulen jadi beras yang populer dan digemari banyak orang karena terkenal dengan kelezatan dan teksturnya. Namun dibalik itu, ternyata jenis beras ini mengandung sekitar 20% pati beras atau kadar amilopektin. Lain halnya pada beras pera yang mengandung lebih dari 25% pati beras atau kadar amilosa sehingga jenis beras ini menghasilkan nasi bertekstur keras.

Untuk mengantisipasi tekstur nasi yang keras, maka kamu perlu menambahkan air lebih banyak saat memasak beras pera. Sedangkan beras pulen yang menyerap air lebih sedikit tidak memerlukannya karena tekstur nasi yang dihasilkan sudah lembut.

Namun saat ini, hanya menggunakan jenis beras biasa kamu tetap bisa menghasilkan nasi yang pulen, lezat, dan enak, lho!

Produk Pressure Rice Cooker dari CUCKOO menghadirkan teknologi khusus bertekanan tinggi untuk memasak nasi sehingga nasi jadi lebih empuk dan pulen.

Salah satu produk unggulannya yaitu CUCKOO IH Pressure Rice Cooker CRP-CHSS1009F. CUCKOO CRP-CHSS1009F menggunakan teknologi tekanan tinggi hingga 1.9 atm. Selain itu terdapat juga metode pemanasan induksi atau induction heating dan smart algorithm untuk membantu kamu memasak dalam waktu singkat.

2. Jenis Rice Cooker

Faktor lainnya adalah jenis rice cooker yang kamu gunakan untuk memasak nasi. Kini ada rice cooker digital yang memiliki segudang fitur yang telah menggunakan teknologi terkomputerisasi sehingga kamu dapat memasak nasi dalam waktu singkat.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa durasi yang dibutuhkan untuk memasak nasi sekitar 30 sampai 45 menit.

Kemudian nasi yang dimasak menggunakan rice cooker akan bertahan hingga 11 – 12 jam saja. Setelah lebih dari waktu yang direkomendasikan, maka potensi timbul bakteri sangat tinggi. Salah satu buktinya adalah saat warna nasi berubah jadi menguning.

CUCKOO menjawab persoalan tersebut dengan menghadirkan penanak nasi cerdas yang mampu memasak nasi dalam waktu hanya sekitar 18 menit saja. Hal ini karena CUCKOO membekali rice cooker hasil produksinya dengan teknologi Ultra High Pressure 2.0 atm.

Belum lagi pada produk CUCKOO IH Twin Pressure Rice Cooker 1.8 L CRP-JHT1012F terdapat teknologi insulasi yang dapat yang bikin kehangatan nasi terjaga lama namun nutrisinya tetap terjaga karena lapisan inner potnya terbuat dari lapisan Stainless X-Wall Coating yang bebas PFOA.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memasak Nasi

Tips cara memasak nasi menggunakan rice cooker agar hasil nasinya tetap enak, bertekstur lembut dan terjaga nutrisinya walaupun menggunakan beras biasa ataupun beras pulen dan menggunakan rice cooker digital ataupun rice cooker konvensional.

1. Perhatikan Kadar Air

Rasio air dan beras untuk setiap jenis beras berbeda-beda. Pastikan kamu menggunakan takaran yang tepat sesuai dengan jenis berasnya. Adapun rasionya antara lain:

Jenis beras putih, rasio air dan berasnya yaitu 2 banding 1. Namun bila berasnya belum dibersihkan dari lapisan kulit ari pelapis biji beras, maka rasionya menjadi 3 banding 1 karena jenis beras ini butuh waktu lama untuk memasak dan menyerap air

Jenis beras merah, rasio air dan berasnya yaitu 2 banding 1. Jika beras merahnya belum dibersihkan dari lapisan kulit ari pelapis biji beras, maka rasionya menjadi 3 banding 1 karena jenis beras ini butuh waktu lama untuk memasak dan menyerap air

Kemudian, tips lainnya yang berkaitan dengan kadar air yakni saat kamu menuangkan air dengan volume lebih dari 1 ruas telunjuk, maka bisa bikin nasi jadi lembek. Pada kadar tertentu yang melebihi ukuran tersebut bisa bikin nasi lembek jadi bubur.

Termasuk bila tinggi air yang dimasukkan kurang dari satu ruas jari telunjuk, maka nasi jadi pera dan bertekstur keras.

2. Pasca Nasi Matang

Kemudian setelah nasi matang, jangan biarkan colokan nasi terus tercolok untuk waktu yang lama. Karena hal tersebut bisa membuat nasi jadi cepat kering karena kepanasan.

Karenanya, saat nasi matang, cabut sumber listrik terlebih dulu. Lalu aduk nasi dan diamkan selama kurang lebih maksimal 20 menit tergantung keinginan. Setelah itu, kamu baru bisa mengalirkan lagi sumber listriknya untuk menyimpan nasi dalam keadaan hangat untuk waktu lama.

Dengan begitu, cita rasa nasi yang pulen tetap terjaga sekaligus kamu bisa terhindar dari kerak nasi yang menempel pada inner pot rice cooker.

Cara Memasak Nasi di Rice Cooker

Sementara itu, langkah-langkah memasak nasi di rice cooker yang bisa kamu terapkan di rumah antara lain sebagai berikut:

  • Memilih beras yang berkualitas
  • Mencuci terlebih dulu beras yang akan dimasak di wadah lain seperti baskom
  • Memperhatikan batasan beras dan air yang bisa dimasak di dalam rice cooker melalui garis ukur yang tertulis pada inner pot atau panci rice cooker. Jangan melebihi garis ukur tersebut kalau kamu tidak mau ada nasi yang meluap keluar
  • Memasukkan beras yang telah dicuci ke dalam inner pot
  • Memasukkan air ke dalam inner pot yang telah terisi beras. Pastikan tinggi air setinggi satu ruas jari telunjuk dari beras, kemudian nyalakan listrik rice cooker tersebut dan tekan tombol “Cooking” atau “Memasak” pada rice cooker
  • Menunggu beberapa saat menit hingga nasi matang

Cukup mudah bukan cara memasak nasi menggunakan rice cooker?

Cara Memasak Nasi yang Benar Supaya Pulen

Tak perlu khawatir bila kamu belum bisa membeli beras pulen. Sebab kamu tetap bisa menghasilkan nasi pulen walaupun menggunakan beras biasa. Bahkan ada teknologi khusus yang bisa menghasilkan nasi pulen ala Korea.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa nasi-nasi di Korea memiliki cita rasa yang lezat dan tekstur yang lembut sehingga hasilnya jauh lebih enak. Kamu juga bisa menghadirkan nasi ala Korea setiap hari dengan menggunakan produk rice cooker dari CUCKOO.

CUCKOO merupakan merek rice cooker nomor 1 di Korea yang banyak digunakan oleh masyarakat Korea. Salah satu keunggulannya adalah rice cooker CUCKOO dapat menghasilkan 3 jenis nasi yang berbeda.

Sebut saja produk CUCKOO Digital Rice Cooker CR-0675F yang dapat menghasilkan nasi sesuai dengan 3 jenis tekstur nasi yaitu nasi soft, sticky, atau savory (gurih).

Produk lainnya yaitu CUCKOO CRP-RT1008F memiliki fitur Twin Pressure yang memudahkan kamu untuk memilih mode Ultra High Pressure (tekanan suhu tinggi) atau no pressure. Dengan fitur tersebut kamu bisa memutuskan akan menghasilkan nasi yang pulen atau nasi pera.

Demikianlah informasi tentang cara memasak nasi yang benar dan pengetahuan tentang tips memasak nasi yang pulen beserta rice cooker terbaik yang bisa menghadirkan pengalaman memasak nasi pulen, enak, lezat dan bernutrisi setiap hari di rumah.

Jika Sahabat CUCKOO penasaran dengan produk CUCKOO lainnya, kamu bisa melihatnya di akun CUCKOO Official di Shopee dan Tokopedia. Semoga bermanfaat, ya!

Close
Sign in
Close
Cart (0)

No products in the cart. No products in the cart.